Wakil Bupati Sintang Hadiri Kegiatan Gawe Dayak di Desa Sekubang Kecamatan Sepauk

25 views
banner 468x60)
WARTASINTANG.COM – Gawe Nyelapat Taun merupakan cara bersyukur atas panen dengan cara adat budaya Dayak. Biasanya dilakukan setiap satu tahun sekali setelah masa panen padi usai. Tradisi ini biasanya menjadi agenda wajib dimasyarakat Dayak Kalimantan yang dilaksanakan sekitar dari bulan Mei hingga Juli. Acara seperti ini menjadi wadah untuk bertemunya sanak saudara yang sudah lama tidak berjumpa, biasanya para perantau akan pulang pada saat ada acara Gawai. Selain itu, Gawai juga dapat menjadi sarana melestarikan tradisi kesenian daerah khususnya melestarikan tradisi suku Dayak.

Terkait hal itu, ribuan masyarakat  Dayak Seberuang Desa Sekubang  Kecamatan Sepauk  Kabupaten Sintang pada Kamis (13/06/2019) melaksanakan Gawe Nyelapat tahun(Gawe Dayak) dihadiri Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM sekaligus membuka acara kegiatan.

Dalam kegiatan Gawe Nyelapat tahun(Gawe Dayak) tersebut juga hadir Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah,M.Si, Sekretaris DAD Kabupaten Sintang Herkulanus Roni, Kesat Polisi Praja Kabupaten Sintang Marten Nandung, Camat Sepauk Chinghan, Danramil sepauk, Kapolsek Sepauk, serta Ketua Dewan Adat Sepauk, para Kepala Desa, Tokoh Adat, para Tumenggung, Tokoh Agama Kecamatan Sepauk.

Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan Gawe Dayak yang dilaksanakan masyarakat Desa Sekubang ini sangat luar biasa  dan  menjunjung tinggi adat, dan pemerintah Kabupaten Sintang sangat memberikan apresiasi dengan kegiatan tradisi masyarakat ini.

“Saya selalu menyempatkan diri dalam kegiatan tradisi masyarakat Gawe Dayak ini, dan pada hari ini juga Kamis (13/06/2019) akan berangkat ke perbatasan Entikong Kecamatan Sekayam untuk segera menuju Sabah Malaysia tidak lain untuk kepentingan masyrakat adat Dayak kita, untuk menindak lanjuti rencana Konfrensi Tumenggung Internasional yang juga pernah diselenggarakan di Kabupaten Sintang,” jelas Drs. Askiman,MM.

Selain itu, Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM juga menjelaskan, bahwa pelaksanaan Konfrensi Tumenggung Internasional yang pernah dilaksanakan di Kabupaten Sintang telah membuka pemikiran secara Internasional sehingga rakyat dayak telah diberikan keanggotaan tetap di PBB dan tahun depan kita akan mendapatkan penghargaan untuk menyampaikan pidato di PBB dalam rangka pelestarian seni budaya Dayak dan kontek kepentingan masyarakat Dayak secara Internasional.

Sementara itu, Ketua Panitia Gawe Nyelapat tahun (Gawe Dayak) Dayak Seberuang Desa Sekubang Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang Yuvensius Aki menjelaskan, bahwa kegiatan Gawe Dayak rutin dilaksanakan setiap tahun dan Tahun 2019 ini yang ke empatkalinya yang diselengarakan secara bersama-sama di lapangan terbuka mulai tanggal 13 hingga 22 Juni 2019 di lapangan bola Temanang.

banner 468x60)

Daerah

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply