Enam Jabatan di Pemkab Sintang Dilelang

23 views
banner 468x60)

WARTASINTANG : Bupati Sintang, dalam acara ramah tamah saat masuk kerja pertamanya pada Senin, (1/3/2021) yang lalu di Hall Kantor Bupati Sintang menyampaikan ada sebanyak 6 jabatan yang akan segera di lelang, dimana 4 jabatan diantaranya akan dilelang akhir tahun.

“Re-organisasi akan segera kita lakukan, sebanyak 6 jabatan akan segera kita lelang, 4 jabatan akan dilelang akhir tahun,” ungkap Jarot.

Dijelaskan, reformasi birokrasi merupakan sebuah gebrakan baru dalam dunia birokrasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam mewujudkan aparatur yang akuntabel serta memiliki syarat kompetensi dan prestasi kerja. Salah satunya yakni melalui lelang jabatan atau seleksi terbuka ini.

“Tujuannya adalah untuk memilih aparatur yang memiliki kapasitas, kompetensi dan integritas yang memadai untuk mengisi posisi/jabatan tertentu sehingga dapat menjalankan tugas yang lebih efektif dan efisien Lelang jabatan merupakan katalis terciptanya good governance di dalam pemerintahan yang nantinya mampu memperkecil potensi korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Hal ini dikarenakan rekrutmen jabatan dilakukan secara transparan, menggunakan indikator tertentu dan dilakukan oleh pihak yang netral dan kompeten melakukan seleksi,” kata Jarot menjelaskan.

Mekanisme lelang jabatan, ujarnya mampu mencegah terjadinya politisasi birokrasi, atau sikap pemimpin yang memilih pejabat bermodal suka dan tidak suka berdasarkan kesubjektifan dalam memilih.

“Stigma masyarakat bahwa PNS adalah sebuah comfort zone harus diubah menjadi sebuah competitive zone sehingga tercipta persaingan yang sehat diantara para pegawai,” kata Bupati

Adapun enam jabatan yang dilelang yakni : Inspektur Kabupaten Sintang, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sintang.

“Siap-siap saja untuk ASN yang sudah bisa ikut lelang. Penilaian sangat objektif, saya pun tidak bisa membantu,” ujarnya. (AG)

banner 468x60)

politik

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply