Disperindagkop dan UKM Sintang Siap Fasilitasi Hasil Produk Pertanian

3 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Bupati Sintang, di wakili Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & UKM Kab. Sintang, Sudirman mengungkapkan siap manfasilitasi serta memberikan pembinaan untuk membuat suatu produk hasil pertanian.

“Disperindag siap membantu membina semacam pelatihan dalam packaging atau pengemasan, sehingga secara legalitas produk hasil pertanian Paribang Baru ini bisa kita beri merknya apa. Sehingga bisa di jual di pasaran, atau setidaknya bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat desa sini,”jelas Sudirman.

Sudirman mengungkapkan, produk pertanian memiliki karakteristik karena akan mengalami respirasi setelah panen, sehingga akan cepat mengalami kerusakan selama penyimpanan. Oleh karenanya lanjut Sudirman, penanganan pasca panen yang baik, dapat meminimalkan kerusakan, serta mempertahankan kualitas produk pertanian.

“Upaya melindungi produk pertanian selama distribusi dan penyimpanan dapat dilakukan dengan pengemasan. Kemasan akan melindungi produk dari pengaruh lingkungan seperti biotik yang berupa hama, cendawan dan bakteri, maupun abiotik berupa kelembaban dan cahaya, selain itu dapat  meminimalkan kerusakan karena penanganan yang kurang baik,” jelas Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi & UKM Kabupaten Sintang.

Sudirman meminta kepada seluruh ketua Poktan dan Kades untuk bisa beraudiensi ke Kantor Disperindagkop & UKM Kabupaten Sintang guna membahas hal tersebut.

Hasil panen padi sawah varietas INPARI 32 milik Poktan Tani Maju yang di lakukan pada kegiatan  ini dengan luas lahan 1 hektar menghasilkan sekitar 6 ton gabah padi kering. (AG)

banner 468x60)

Perekonomian

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply