Jarot Sebut Pertama Kalinya Sub Suku Dayak Seberuang Memimpin Sintang

25 views
banner 468x60)

GERAISINTANG.COM : Bupati Sintang Jarot Winarno, pada Rabu (10/3/2021) menyambangi rumah dinas Wakil Bupati Sintang di jalan A. Yani, depan Gedung Pancasila, guna menyaksikan dan mengikuti prosesi adat Dayak sub suku Dayak Seberuang.

Usai mengikuti secara penuh prosesi adat Sumpang Jenang, Bupati Sintang, Jarot Winarno dalam sambutannya menyampaikan sangat terkesan dengan ritual adat yang baru selesai dilaksanakan tadi. Bahkan dirinya juga mengatakan sebagai suatu kebanggaan bagi masyarakat dari sub suku Seberuang, karena ada putranya yang berhasil memimpin Sintang.

“Ini pertama kalinya salah satu tokoh sub suku Dayak Seberuang bisa memimpin Sintang ini. Ini diharapkan menjadi jalan pembuka bagi sub suku Dayak Seberuang lainnya untuk berkarya. Saya pastikan pembangunan akan merata dan sama untuk seluruh wilayah Kabupaten Sintang,” ujar Jarot.

Jarot juga meyakinkan jika kepemimpinan dirinya bersama Sudiyanto akan berjalan kompak dan cocok, karena sudah berbagi tugas.

“Saya dan Pak Sudiyanto ini pasti cocok dan kompak. Sejak awal kita sudah berbagi tugas. Situasi sudah sangat kondusif, kita kembali bersatu. Baru kita bangun kejayaan Kabupaten Sintang,” terang Bupati Sintang.

Sementara itu, Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, menyampaikan sangat bersyukur bisa melaksanakan ritual adat sumpah jenang dengan lancar di rumah dinas Wakil Bupati Sintang.

“Saya terlahir dari sub suku Dayak Seberuang. Maka ritual adat sumpah jenang sebenarnya mengandung makna yang sangat dalam bagi saya karena harus memimpin sesuai jampi adat atau doa tadi. Saya harus memimpin dengan adil kepada semua masyarakat, apapun suku, agama dan golongannya. Mudah-mudahan pesan dari tokoh adat tadi, bisa mengingatkan saya untuk melaksanakan amanah secara adat yang kita laksanakan tadi.
Dan hari ini secara adat kita laksanakan,” terang Wakil Bupati
Sintang.

Dirinya juga meminta dukungan dari seluruh masyarakat untuk bisa menjalankan tugas bersama Bupati Sintang.

“Saya sadar, kemampuan saya sangat terbatas, tetapi saya yakin, dengan kerjasama dan dukungan semua pihak, menjadi tim yang baik sehingga kami bisa menjalankan tugas dengan baik dan bijaksana,” harapnya. (AG)

banner 468x60)
Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply