CSR Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

49 views
banner 468x60)

GERAISINTANG.COM : Program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) harus dapat memberikan manfaat yang sistematis bagi masyarakat dan pembangunan sosial.

“Ada potensi besar untuk anggaran CSR dari perusahaan swasta yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat upaya pemerintah, khususnya Pemkab Sintang dalam mengentaskan kemiskinan dan pembangunan sosial,” kata Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto beberapa waktu lalu membuka pelaksanaan Sosialisasi Penganugerahan Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan (TSP) Award Tahun 2021 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang Tahun 2022 di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Sintang pada Jumat, (12/3/ 2021).

Menurut dia, ada banyak kegiatan CSR yang bisa dikembangkan pada masa
mendatang di daerah sumber daya alam. Sebagai contoh,
masalah kegawatdaruratan infrastruktur dasar jalan dan jembatan di Kabupaten Sintang.

“Ada banyak jalan penghubung desa ke pusat kecamatan yang belum berfungsi secara maksimal. Hal ini menyebabkan terkendalanya jalur distribusi dan transportasi barang dan jasa sehingga menyebabkan tingginya harga barang. Nah disini fungsi CSR bisa dijalankan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” papar Wakil Bupati Sintang Sudiyanto.

Wakil Bupati Sintang menambahkan dampak dari buruknya infrastruktur ini juga, mempengaruhi pendapatan masyarakat yang diikuti dengan rendahnya harga komoditas unggulan dan mempengaruhi pemenuhan kebutuhan pokok semakin sulit.

Program CSR, Sudiyanto melanjutkan, secara tidak langsung membantu, bahkan memperkuat program-program pemerintah yang memiliki keterbatasan. Konsep kemitraan CSR di Indonesia tidak hanya melibatkan secara aktif pemerintah, tapi juga masyarakat.

“Kolaborasi dan sinergi antar elemen tersebut merupakan bentuk nyata gotong royong membangun bangsa,” ujarnya.

Perusahaan yang melaksanakan program CSR, tambah dia, akan mendapat pengakuan dan apresiasi dari masyarakat. Pemerintah Kabupaten Sintangpun turut mengapresiasi perusahaan yang berbisnis di Kabupaten Sintang, yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat lewat program CSR. (AG)

banner 468x60)

politik

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply