Vaksinasi Akan Membentuk Imun, Masyarakat Tak Perlu Takut

23 views
banner 468x60)

GERAISINTANG.COM :Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus Jukardi, menghimbau agar masyarakat Kabupaten Sintang, tidak perlu takut untuk di vaksinasi karena akan akan membentuk kekebalan dalam tubuh. Dirinya juga meminta masyarakat Sintang mendukung program pemerintah.

Yustinus mengatakan hal itu usai menerima vaksin covid-19 dosis pertama pada Selasa kemarin, (16/3/2021) di Pendopo Bupati Sintang.

“Jangan takut untuk divaksin. Vaksin itu bisa menambah imun tubuh dan sebagai pencegahan terhadap virus Covid-19. Tapi tetap jangan lupa menjaga prokes, pakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak,” kata Yustinus.

Menurut Yustinus, Vaksin yang diberikan nanti dalam 2 dosis, dosis pertama untuk perkenalan agar kekebalan tubuh kita bisa mengenal virus Covid-19. Selanjutnya, dosis yang kedua merupakan booster, dan itu diberikan 14 hari setelah dosis pertama.

Dirinya menambahkan, kekebalan tubuh sendiri akan mulai terbentuk 14 hingga 28 hari setelah vaksinasi kedua, itu jangka waktunya.

“Bagi yang menerima vaksin ini jangan khawatir, karena masih di dalam rentang persyaratan sebagai penerima vaksin itu aman. Vaksin jenis Sinovac sudah diuji coba untuk usia 18 tahun hingga 59 tahun, jika dia berada di dalam rentang itu ataupun dia tidak memenuhi persyaratan penerima vaksin, karena itu ada skrining nantinya,” ungkapnya.

Ia lantas menegaskan agar masyarakat tidak perlu takut untuk divaksin, karena pemerintah Indonesia menjamin keamanan dan efektivitasnya.

Seperti diketahui, kemarin para Pejabat Tinggi Pratama yang merupakan Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Asisten dan Staf Ahli Bupati Sintang menerima vaksin covid-19 setelah melewati pemeriksaan kesehatan oleh Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dan dinyatakan layak menerima vaksin covid-19. (AG)

banner 468x60)

Kesehatan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply