DPD LPM Kabupaten Sintang Periode 2020 – 2025 Dikukuhkan

67 views
banner 468x60)

GERAISINTANG.COM :Selasa (30/3/2021), Bupati Sintang Jarot Winarno melantik dan mengukuhkan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sintang Periode 2020-2025 di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang.

Bupati Sintang, dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa keberadaan LPM di daerah sangat penting seperti dengan keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat yang lainnya, yang diharapkan dapat bermitra dan bersinergi dengan pemerintah kabupaten Sintang.

“Peran LPM ini diharapkan bisa berada ditengah-tengah masyarakat sebagai pendorong mendukung program-program yang tengah digagas oleh pemerintah desa, karena LPM selaku mitra kerja Desa untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, dan sebagai mitra kerja pemerintah LPM tentunya bisa menyerap apa keinginan masyarakat, untuk kemudian disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten,” kata Jarot Winarno.

Ditambahkan Bupati LPM adalah lembaga mitra pemerintah dalam pembangunan, pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat. LPM menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam mendukung setiap program pemerintah, mulai dari pusat, daerah hingga ke desa-desa.

“Oleh karena itu, kehadiran LPM sangatlah strategis. Diharapkan dengan dikukuhkannya pengurus DPD LPM ini, mampu berkoordinasi dan mampu menjalin kerjasama, kekompakan dan persatuan ke semua pihak dalam menjalankan fungsinya dengan baik,” kata bupati.

Sementara itu, Ketua DPD Lembaga Pemberdayaan Propinsi Kalimantan Barat Elysius Aidy mengatakan,
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah Lembaga Kemasyarakatan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, merupakan wahana partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan yang bertumpu pada masyarakat.

“Lahirnya LPM ini merupakan hasil Musyawarah Nasional Temu karya pada tahun 2021 di Bandung Jawa Barat, dengan tujuan sebagai mitra pemerintah desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat desa di bidang pembangunan,” ujarnya. (AG)

banner 468x60)

politik

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply