Anggota Dewan Sesalkan Prilaku Masyarakat Yang Melalaikan Prokes

48 views
banner 468x60)


Anggota DPRD Sintang, Mainar Puspasari sangat menyesalkan adanya masyarakat yang kedapatan sudah terkonfirmasi covid-19 tapi masih tidak mengindahkan dan justru berkunjung ke warung kopi.

“Sangat kita sesalkan, tahu sudah diri terpapar tapi malah nongkrong di warung kopi,” ujarnya.

Kurang disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, lanjutnya akan membawa penyebaran covid-19 dimasyarakat bertambah.

Sebelumnya, seorang pemuda di Sintang yang terjaring razia penegakan protokol kesehatan (prokes) di warung kopi Jalan MT Haryono, pada Sabtu malam, (17/4/2021), mengakui bahwa dirinya telah kehilangan penciuman

Meski telah menyadari dirinya kehilangan indra penciuman, ia tetap nekat nongkrong di warkop, bersama teman-temanya.

Ketika diswab antigen oleh tim kesehatan Satgas COVID-19 Kabupaten Sintang, yang menggelar razia di tempat tersebut, dia dinyatakan positif corona.

Menurut pengakuan pemuda tersebut saat ditanyai Satuan Tugas Penanganan Covid-19, dirinya sudah beberapa hari kehilangan indera penciuman. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh.

“Nah itulah salah satu bukti ketidakpedulian seseorang yang sudah sakit, tapi dia masih nongkrong di warung kopi. Inikan membahayakan yang lainnya, bukan hanya diri sendiri,” sesal Sinto.

Kekesalan Sinto bukannya tanpa alasan. Mengingat perilaku tersebut berpotensi menularkan virus corona banyak orang.

“Berapa banyak yang ditularkan oleh dia? Kawan-kawan satu meja ada empat orang. Dengan dia, berlima. Nanti pulang ke rumah, ke keluarga masing-masing, menularkan. Itulah yang kami maksudkan kalau memang sudah sakit, lapor ke Dinas Kesehatan, bahwa kehilangan indra penciuman. Nanti diperiksa. Kemudian melakukan isolasi. Baik itu isolasi mandiri, maupun di fasilitas pemerintah,” katanya. (AG)

banner 468x60)

Kesehatan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply