Demi Menjaga Netralitas, Test Tertulis Balon Kades Gaet UNKA Garap Soal

32 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Sebanyak 188 bakal calon kepala desa dari 24 desa di Kabupaten Sintang yang memiliki bakal calon kepala desanya lebih dari 5 balon, pada Rabu (28/4/2021) melaksanakan test tertulis bertempat di Universitas Kapuas Sintang.

24 desa ini adalah bagian dari 297 desa di Kabupaten Sintang yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa Serentak tanggal 7 Juli mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkolanus Roni menyampaikan seleksi test ini sebenarnya di laksanakan oleh panitia tingkat desa, namun panitia tingkat desa dan kecamatan ingin menjaga netralitas maka test tersebut di gelar di tingkat kabupaten.

“Para panitia di tingkat desa sepakat untuk menjaga netralitas, mereka minta Kabupaten yang mengakomodir pelaksanaan test tertulis ini,” ujar Roni menjelaskan.

Untuk itu pihaknya menggandeng pihak Perguruan Tinggi guna dilibatkan dalam mempersiapkan materi soal.

“Soal-soalnya kita melibatkan Universitas Kapuas Sintang untuk menyusunnya guna menjaga netralitas. Soal-soalnya seputar pengetahuan penyelenggaraan pemerintahan desa, pengetahuan umum dan kemasyarakatan,” kata Roni.

Roni mengatakan untuk pemeriksaan hasilnya juga ada tim panitia seleksi, bahkan ia memastikan semuanya netral.

“Karena kita berkeinginan dari hasil seleksi tersebut bisa menciptakan calon-calon kades yang memilki kemampuan memimpin desa,” kata dia

Untuk hasilnya, lanjutnya akan di rangking 5 orang yang dinyatakan lulus seleksi, dan panitia nanti yang akan mengumumkan secara transparan pada hari Senin, 3 Mei 2021 mendatang. (AG)

banner 468x60)

Daerah

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply