APBDes Harus Dukung Turunkan AKI dan AKB Di Kabupaten Sintang

11 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Anggota DPRD Sintang, Kartimia Mawarni mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Sintang dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi agar pemerintah desa bisa memperhatikan dan memberikan anggaran dalam APBDes untuk menurunkan kasus ini.

Hal itu disampaikan legislator dari Nasdem terkait Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Sintang.

“Sangat setuju dan perlu didukung. Ini masalahnya sudah krusial karna kabupaten Sintang diperingkat pertama untuk AKI dan diurutan kedua untuk kasus AKB. Dua-duanya kabar buruk bagi kita. Jadi sudah sangat wajarlah jika pemerintahan desa memperhatikan dan bekerjasama menurunkan AKI dan AKB melalui anggaran di APBDes-nya. Saya dukung itu!” tegasnya.

Kartimia Mawarni mengungkap, ada sejumlah hal yang menjadi penyebab AKI-AKB. Di antaranya urusan gizi, anemia, hipertensi, dan penyebab lain. Hal yang tak kalah penting yang kurangnya kesadaran keluarga dalam menyiapkan proses kelahiran.

Guna menekan AKI-AKB tersebut, dirinya mengungkapkan, ada serangkaian program yang harus dilakukan pemerintah kabupaten dan desa.

“Di antaranya meningkatkan layanan kesehatan serta merevitalisasi puskesmas, puskesmas pembantu (pustu), dan pondok bersalin desa (polindes),” ujarnya.

Dirinya menambahkan, salah satu upaya terobosan dan terbukti mampu meningkatkan indikator proksi (persalinan oleh tenaga kesehatan) dalam penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi adalah Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K).

Selain itu, program P4K juga mendorong ibu hamil untuk memeriksakan kehamilan, bersalin, pemeriksaan nifas dan bayi yang dilahirkan oleh tenaga kesehatan terampil termasuk skrining status imunisasi tetanus lengkap pada setiap ibu hamil. Kaum ibu juga didorong untuk melakukan inisiasi menyusu dini (IMD) dilanjutkan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan. (AG)

banner 468x60)

politik

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply