Anggota Komisi IV DPR RI asal Kalbar Minta Gemarikan Terus Diedukasikan Atasi Stunting

42 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Anggota Komisi IV DPR RI asal Kalimantan Barat, Yessi Melania menyampaikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau GEMARIKAN harus terus diedukasikan kepada masyarakat untuk mengatasi stunting dan untuk pemenuhan gizi.

Menurutnya, program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan mulai tahun 2004 yang bertujuan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

“Hingga saat ini stunting masih menjadi masalah besar di Kalimantan Barat. Oleh karenanya Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ini harus terus diedukasikan kepada masyarakat untuk mengatasi stunting dan untuk pemenuhan gizi,” ungkapnya saat melaksanakan kegiatan safari gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) kepada para petani milenial di Kebun Edukasi milik Komunitas Petani Milenial Sintang di Desa Kunyai Kecamatan Sungai Tebelian pada Jumat, (11/6/2021).

Yessi menambahkan, potensi ikan lokal banyak yang perlu dikembangkan dan perlu dibantu oleh pemerintah pusat seperti ikan semah dan ikan arwana.

“Pemerintah pusat sudah merencanakan akan membangun Kampung Semah di Kapuas Hulu untuk membudidayakan ikan semah secara massal dan menyelamatkan ikan lokal ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, Anggota Komisi IV DPR RI ini menjelaskan bahwa ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama anak-anak, sehingga masyarakat perlu didorong untuk gemar makan ikan.

Ikan merupakan bahan pangan sehat mengandung omega 3 yang bergizi tinggi, yang cukup baik untuk kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama 1.000 hari pertama kehidupan, termasuk bagi ibu pada periode persiapan kehamilan atau masa kehamilan hingga memberikan asi.

“Melalui Gemarikan akan terbangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Apabila anak-anak kita gemar makan ikan, diharapkan generasi ke depan akan menjadi pemimpin yang cerdas, mandiri, dan tangguh dalam menghadapi tantangan.” kata Yessi Melania.

Menurutnya, agar generasi penerus bangsa dapat diandalkan di masa yang akan datang, maka bukan saja generasi yang cerdas dan sehat saja yang diperlukan tetapi harus mempunyai mental dan perilaku atau akhlak yang baik, dengan asupan yang sehat dan bergizi serta bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak. (AG)

banner 468x60)

politik

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply