Seringnya Kebakaran Ruko Di Kota Sintang, Ini Kata Dewan

36 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Anggota DPRD Sintang dari Partai Gerindra, Ediyanto mempertanyakan seringnya musibah kebakaran ruko di kota Sintang. Hal itu disampaikannya, menanggapi peristiwa kebakaran sejumlah ruko di Jalan Majapahit Komplek Pasar Sungai Durian, Kecamatan Sintang, pada Senin (8/6/2021).

“Artinya begini, apakah pemilik ruko dan pihak terkait tidak pernah melakukan pemeriksaan instalasi listriknya secara kontinyu termasuk keberadaan alat pemadam ringan seperti racun api serta hydrant di daerah pertokoan,” ungkapnya di Gedung DPRD Sintang pada Jumat (11/6/2021).

Selama ini, lanjut politisi dari dapil Sintang 3 ini hasil penyelidikan sebab musabab kebakaran ruko terbanyak adalah bersumber dari arus pendek listrik.

“Hasilnyakan itu-itu saja dan paling sering adalah korsleting listrik. Jadi harus ada satu kebijakan yang mengatur keamanan gedung,” tegasnya.

Selain itu, dirinya juga mengusulkan agar akses jalan disekitar pertokoan juga dapat dimasuki kendaraan berbadan besar seperti kendaraan pemadam kebakaran termasuk juga adanya fire hydrant.

“Akses jalan juga harus diperhatikan. Inikan jangka panjang, kita berharap aman. Jadi jangan jalan dibuat tanggung, tidak dapat dimasuki kendaraan besar. Selain itu keberadaan fire hydrant juga harus dibuat dititik yang strategis. Fire¬†hydrant itu¬†digunakan jika kebakaran berskala besar sudah tidak bisa dipadamkan lagi oleh alat pemadam api ringan,” kata Ediyanto.

Untuk itu dirinya berharap, Pemerintah Kabupaten Sintang bersama unsur terkait dapat mengeluarkan peraturan atau regulasi yang mengatur dan memberikan sangsi terkait instalasi listrik dan Apar.

Seperti diketahui, akibat peristiwa kebakaran tersebut, telah menghanguskan puluhan rumah toko, serta kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. (AG)

banner 468x60)

Kebakaran

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply