Ikuti Rakor Satgas Penanganan Covid-19, Ini Yang Diungkapkan Sekda Sintang

13 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah, mengikuti Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang di Aula Balai Kemitraan Polisi dengan Masyarakat (BKPM) Polres Sintang pada Senin, (14/6/2021).

Pada Rakor yang dipimpin oleh Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, tersebut membahas penanganan Covid-19 di Kabupaten Sintang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah memastikan Satgas Covid-19 telah membentuk tim Satgas dari tingkat kabupaten sampai dengan tingkat RT. Sejauh ini kata dia, Satgas juga telah aktif memberikan imbauan penerapan prokes.

“Di Sintang kita telah bentuk satgas Covid dari tingkat Kab hingga desa. Sejauh ini satgas telah aktif memberikan hlimbauan prokes, namun sampai saat ini peningkatan Covid-19 masih stagnan,” kata Yosepha

Yosepha menilai, angka konfirmasi terkesan tinggi karena Pemkab Sintang memiliki mobil PCR dan kegiatan 3T cukup intensif, sehingga banyak ditemukan kasus baru. Selain itu, saat ini di Kabupaten Sintang juga sudah diterapkan PPKM.

“Untuk OPD dan Kecamatan telah kita terbitkan aturan tindak untuk keluar Provinsi. Untuk antisipasi lonjakan pasien kita menyiapkan Rusunawa di Komplek RS. Rujukan, bangunan eks Diklat. Sesuai kebijakan pusat meskipun sedikit terlambat prosesnya untuk dana telah direcofusing sebesar 8% untuk penanganan Covid-19. Pemotongan anggaran tersebut kurang lebih senilai Rp. 94,5 Milyar,” ungkap Yosepha.

Sementara itu, Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Sintang, Bernhad Saragih menyarakan satgas telah laksanakan berbagai upaya berupa pengawasan dan perijinan kegiatan masyarakat, sampai dengan pembuatan pos penyekatan. Menurutnya, sesuai dengan PPKM mikro aktivitas kegiatan yang diintensifkan ditingkat desa dan kecamatan.

“Ada kencenderungan masyarakat tidak mau dirawat di tempat isolasi. Sehingga ada yang menghendaki isolasi mandiri di rumah itu bisa dilakukan, asalkan diawasi posko desa dan nakes setempat,” kata Saragih. (AG)

banner 468x60)

Kesehatan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply