Dinkes Sintang Dukung Rencana Riset Pengembangan Produk Lokal Berkelanjutan

41 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh menanggapi positif dan mendukung rencana dari PT. Agrapana Damayanti Indobiotek (ADI) yang akan melakukan riset dan pengembangan produk lokal berkelanjutan di Kabupaten Sintang, yakni pengembangan sumber perikanan ikan gabus yang bisa menghasilkan albumin.

“Pada prinsipnya Pemkab Sintang mendukung rencana dari PT. Agrapana Damayanti Indobiotek (ADI) ini, apalagi mereka mengungkapkan juga akan membangun laboratorium untuk penelitian dan produksi albumin yang di hasilkan dari ikan gabus sebagai awal program kerjanya di Kabupaten Sintang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh menjelaskan Albumin adalah cairan infus yang digunakan untuk mengatasi hipoalbuminemia, yaitu rendahnya kadar albumin dalam darah. Albumin juga digunakan untuk menangani syok hipovolemia akibat cedera atau luka bakar yang parah.

“Albumin itu merupakan protein utama di dalam darah manusia. Secara alami, protein ini diproduksi oleh hati. Pemberian infus albumin akan meningkatkan kadar albumin di dalam darah,” ujarnya.

Ditambahkannya, Albumin dapat meningkatkan konsentrasi darah, sehingga cairan di luar pembuluh darah akan bergerak masuk ke dalam pembuluh darah. Dengan begitu, volume plasma dan tekanan di dalam pembuluh darah akan meningkat, sehingga syok bisa teratasi.

Sinto menambahkan beberapa menu makanan yang berprotein tinggi untuk meningkatkan kadar albumin, yaitu kacang-kacangan, putih telur, ikan gabus, dan susu. (AG)

banner 468x60)

Perikanan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply