Anggota DPRD Sintang Nilai Permasalahan Perbatasan Semakin Kompleks

40 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Hingga kini, permasalahan di kawasan perbatasan negara di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalbar seakan sudah mendarah daging dan kian kompleks. Parahnya, selalu berulang-ulang.

“Contohnya kasus-kasus ilegal. Untuk mengusutnya sampai tuntas begitu susah,” ungkap Heri Jamri, Wakil Ketua DPRD Sintang baru-baru ini.

Menurut Heri Jamri, lengahnya pengawasan di perbatasan dimanfaatkan oknum yang memang mencari keuntungan pribadi. Misalnya dengan menutup mata terkait tindakan-tindakan ilegal, karena sudah bersekongkol dengan pelaku.

“Seperti pada kasus penyelundupan manusia. Karena peran oknum tidak bertanggungjawab, begitu mudahnya lolos hanya dengan berkedok menjadi TKI,” kata Heri Jamri.

Begitu pula terhadap barang-barang ilegal, lanjut Heri Jamri, keluar masuknya antarnegara nampak sangat mudah.

“Bahkan Narkoba sangat mudah masuk ke Indonesia, dalam jumlah yang tidak sedikit,” kesalnya.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, Menurut Heri Jamri, pemerintah harus mengambil langkah konkret, dimulai dari sisi regulasi.

“Harus ada aturan yang lebih komprehensif untuk persoalan ini,” pintanya.

Aturan yang komprehensif tersebut, jelas dia, tentunya harus dapat mendorong sinergisitas instansi terkait untuk meningkatkan pengawasan dan penindakan kasus ilegal di perbatasan negara.

“Tanpa merugikan siapapun,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Sintang merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga (Malaysia). Tak ayal kekhwatiran pun muncul dari berbagai kalangan. Mengingat wilayah perbatasan Sintang sistem pengamanannya masih belum optimal.

Kendati demikian, tahun 2020 lalu PLBN Sei Kelik mulai dibangun. Harapannya aktivitas orang dan barang dapat terpantau dan diminimalisir.

“Kalau sudah ada PLBN semuanya harus diperketat. Jangan sampai ada Narkoba masuk melalui pintu border Sintang mendatang,” pungkasnya. (AG)

banner 468x60)

wilayah

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply