Supernova Ecosystem Puji Pemkab Sintang Komitmen Dalam Pengembangan Ekonomi

283 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Managing Partner Supernova Ecosystem, Inez Stefanie mengungkapkan, pihaknya melihat adanya komitmen dari Pemda Sintang untuk melakukan pengembangan ekonomi secara lestari.

Hal itu disampaikannya, saat menjelaskan tujuan kedatangan ke Kabupaten Sintang dan apa program dari Supernova Ecosytem.

“Supernova Ecosystem ini merupakan organisasi katalis (Yayasan Komunitas untuk Transformasi Sosial), dengan tujuan kami ke Sintang yakni kami melihat adanya komitmen dari Pemda Sintang untuk melakukan pengembangan ekonomi secara lestari, maka kami hadir untuk lebih mengembangkannya lagi dengan mempersiapkan perusahaan-perusahaan serta UMKM-nya, serta ini merupakan tindak-lanjut dari rekan-rekan yang sudah bermitra kerja dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang,” kata Inez.

Inez menjelaskan tim yang terlibat didalam Supernova Ecosystem, yang terdiri berbagai latar belakang.

“Supernova Ecosystem ini ada banyak tim yang terlibat, dengan formasi, latar belakang yang kurang lebih lengkap, kami ada dari latar belakang private sector, ada yang berpengalaman dibidang multinasional, bilateral, multilateral, ada yang sering berinteraksi dengan pemerintah, ada yang punya peran pengembangan masyarakat untuk pendidikan dalam bidang kreatif,” ucapnya.

Selain itu, Inez Stefanie menyadari bahwa suatu kinerja belum lengkap jika tidak adanya kerjasama dengan multipihak,

“Kami sadari bahwa masalah yang dihadapi itu sangat kompleks, dan penyelesaiannya itu berbeda-beda, maka dari itu, kami butuh kerjasama dari seluruh pihak pemangku kepentingan,” sambung Inez.

Untuk saat ini, masih kata Inez, program kami juga sudah berjalan, sudah bekerjasama dengan berbagai pihak.

“Kami bekerja tidak dengan satu pihak, tapi program kami dibantu dan bekerjasama dengan multipihak, seperti program Pengembangan Tengkawang itu kami tidak hanya bekerjasama dengan Sintang Orangutan Center, akan tetapi bekerjasama juga dengan dua kolaborator lain dengan peranannya masing-masing disistem rantai pasok,” lanjutnya.

Supernova Ecosystem hadir untuk memberikan solusi dan melihat sumber permasalahan yang ada terkait pembangunan berkelanjutan pada sektor komoditi yang ada di Sintang.

“Saya ambil contoh bahwa produksi tengkawang saat ini sangat diminati pasar dunia, nah bagaimana nilai yang besar di pasar dunia ini bisa menjangkau sampai ke Sintang, tentunya dengan visi Supernova Ecosystem yang sesuai dengan kearifan lokal, menjaga ekosistem lokal, environtment, dan ekonomi secara berkelanjutan itu dapat berjalan dengan baik, dengan harapan para pelaku UMKM bisa mengembangkan bisnisnya yang suistainable, dan saling merangkul multipihak, yang bisa menjadi penggerak ekonomi di masyarakat dan menggandeng beberapa pihak untuk dihubungkan kepada investor-investor institusional”, kata Inez. (AG)

banner 468x60)

Perekonomian

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply