Bidan Garda Terdepan Membentuk Generasi Terbaik

17 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Bidan adalah garda terdepan dalam membentuk generasi terbaik bangsa. Bidan adalah profesi yang sangat memiliki andil besar terkait dengan periode emas anak atau 1000 Hari Pertama Kehidupan, karena di periode tersebut para bidan selalu memberikan pendampingan kepada ibu maupun sang bayi.

Hal tersebut disampaikan anggota DPRD Sintang, Maria Magdalena terkait peringatan Hari Bidan Nasional ke-70 yang diperingati pada hari ini, Kamis (24/6/2021).

“Di  periode emas ini, Bidan adalah profesi yang selalu bersentuhan langsung, baik pada masa 7 bulan dalam kandungan hingga bayi berusia 2 tahun. Pada periode ini kesehatan ibu dan nutrisi yang diterima oleh bayi haruslah diperhatikan dengan baik karena akan berefek jangka panjang.
Dan, para bidan hadir untuk memastikan hal tersebut,” ujar Maria Magdalena.

Politisi Partai Demokrat Kabupaten Sintang ini mengimbau agar IBI semakin memperkuat komitmen untuk memperkuat IBI Sintang serta upaya peningkatan kapasitas dan perlindungan Bidan di Sintang, agar Bidan di Sintang dapat berperan lebih optimal dalam mendukung program kesehatan masyarakat Kabupaten Sintang.

“Untuk diketahui bersama, keputusan Menteri Kesehatan Nomor 369 tahun 2007 tentang Standar Profesi Bidan, menyebutkan bahwa bidan adalah seorang perempuan yang telah lulus dari pendidikan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi, serta memiliki kompetensi, kualifikasi dan lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan, baik di rumah sakit, klinik, dan unit-unit kesehatan lainnya,” terangnya.

Menurutnya, keputusan Menteri ini merupakan bukti adanya pengakuan bahwa Bidan merupakan tenaga profesional yang memiliki kewenangan memberikan Pelayanan kesehatan reproduksi kepada kelompok masyarakat yang membutuhkannya. (AG)

banner 468x60)

Kesehatan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply