BNN Sintang Akan Dorong Lebih Banyak Lagi Desa Bersih Narkoba

39 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Bebas dari penyalahgunaan narkoba merupakan unsur terpenting menjadikan kehidupan masyarakat, khususnya di desa menjadi sejahtera dan sehat di masa depan.

Oleh karena itu, upaya-upaya dan langkah strategis dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba harus dilakukan sejak dini oleh berbagai pemangku kepentingan yang terlibat di wilayah desa.

Demikian disampaikan Kepala BNN Kabupaten Sintang, Agus Akhmadin kepada media ini, Senin (28/6/2021) terkait pencanangan Desa Sepulut sebagai Desa Bersih Narkoba (BERSINAR) oleh Sekda Sintang pada Sabtu lalu (26/6/2021).

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sintang, Agus Akhmadin mengatakan bahwa launching Desa Bersinar ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya di Sintang, dan berjanji akan mendorong lebih banyak lagi terbentuknya desa BERSIH di Kabupaten Sintang

“Program Desa Bersinar ini sebenarnya sudah ditentukan sejak 2 tahun yang lalu, namun ada beberapa kendala, maka di tahun 2021 inilah baru bisa terlaksana untuk launching Desa Bersinar ini. Semoga desa lainnya juga akan menyusul dan saya berharap ada disemua desa,” kata Agus.

Menurut dia, seluruh pemangku kepentingan dari mulai yang terdekat yakni keluarga tokoh agama, masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan harus dilibatkan. Dengan demikian, upaya akan efektif dalam mencegah masuknya narkoba dalam tingkat desa.

“Kita semua memahami dan menyadari begitu bahayanya narkoba bagi desa, maka secara masif baik dari aspek sosial dan kebijakan,” tuturnya.

Dalam menyinergikan hal itu, pihaknya kini berpartisipasi aktif dalam program Desa Bersinar. Program tersebut akan menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba di setiap desa. Dengan begitu, ancaman narkoba masuk ke desa-desa yang rawan terjadi, dapat diantisipasi secara optimal.

Selain kegiatan pencanangan Desa Bersinar, Agus Akhmadin menjelaskan ada kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2021,

“Untuk pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2021, kami sudah melakukan sosialisasi P4GN yang dilaksanakan di Simpang Tugu Adipura Sintang (Simpang 5), kemudian melakukan pemasangan poster, sticker, pemasangan baliho dibeberapa lokasi di Sintang, serta telah melakukan tes urine terhadap karyawan dan di tempat-tempat hiburan malam,” tambahnya. (AG)

banner 468x60)

Kebersihan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply