Dewan Berharap Kunker Ketua Komisi V, Bawa Angin Segar Terwujudnya PLBN Sungai Kelik

30 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny berharap kunjungan kerja Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus membawa angin segar untuk terwujudnya pembangunan Pintu Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik, yang saat ini tengah menuju proses land clearing.

“Harapan kita segera dapat terwujudlah, khususnya land clearing sebagai tahap awal perwujudannya,” ungkap Florensius Ronny.

Menurutnya luas tanah yang diperlukan untuk membangun PLBN Sungai Kelik seluas 25, 15 hektar dengan total luas bangunan 11.800 meter persegi untuk zona inti dan zona pendukung.

“Tahapan pengadaan lahan akan dilanjutkan 2021. Dan lokasi pembangunan PLBN Sei Kelik adalah Hutan Produksi Terbatas yang sudah dikelola oleh masyarakat setempat,” ungkapnya Minggu (8/8/2021).

Sementara itu, Kepala Bidang Koordinasi, Perencanaan, Fasilitasi dan Kerjasama Badan Pengelola Perbatasan Setda Kabupaten Sintang, Ramdy Nahum mengungkapkan PLBN Sungai Kelik ditargetkan proses land clearing di lahan seluas 25 hektare ditargetkan dimulai tahun 2021.

“Pintu Lintas Batas Negara yang ada Sui Kelik memang ditarget tahun 2021 ini sudah dilakukan land clearing,” kata Ramdy.

Ramdy, mengakui pihaknya belum mengtahui secara pasti kapan land clrearing dimulai, sebab saat ini masih proses kontrak kerja. Yang pasti, lanjut dia proses lelang sudah selesai, tinggal kontrak kerja.

“Kemungkinan dalam waktu dekat, karena proses lelangnya sudah selesai dan tinggal menunggu proses kontrak saja. Kapan mulai land clearingnya belum tau pasti, yang pasti tahun ini mulai, karena kegiatannnya di balai pengembangan infrastruktur wilayah di pontianak, proses lelang sudah selesai, kalau sudah berkontrak mungkin bulan depan sudah mulai,” ujar Ramdy.

Mengenai anggaran land clearing, Ramdy menyebut sekitar Rp 20 miliar bersumber dari APBN 2021.

“Land clearing ini proses pekerjaannya sekitar 6 bulan, sehingga untuk pembangunan sarana dan prasaran fisiknya 2022 nanti di mulai yang anggaranya secara multiyears, karena target 2024 PLBN Sui Kelik sudah selesai pembangunannya,” jelasnya. (AG)

banner 468x60)

Desa

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply