Kadis Kesehatan: Puskesmas Jasa di Perbatasan Sintang Tunggu Izin Operasional

28 views
banner 468x60)

Geraisintang.com: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengungkapkan pihaknya saat ini tengah berupaya mempercepat izin operasional Puskemas Jasa di Ketungau Hulu, yang sudah selesai dibangun pada tahun 2020 lalu.

“Ini kita masih berusaha mempercepat izin operasionalnya,” kata Sinto kepada Tribun Pontianak, Senin 9 Agustus 2021.

Puskemas Jasa dilengkapi dengan kapasitas 15 tempat tidur. Selain itu dilengkapi pula fasilitas rawat inap, dokter dan alat laboratorium.

“Rekrutmen tenaga nanti kita alihkan, sebagian dari senaning sebagian lagi dari puskemas merakai kita akan bagi supaya untuk memenuhi yang ada di puskemas jasa. Minimal dokter 2 orang,” ungkap Sinto.

Sinto belum bisa memastikan, apakah akhir tahun 2021, izin operasional Pukesmas Jasa bisa keluar. Namun yang pasti, pihaknya terus berupaya mempercepat prosesnya agar Puskemas Jasa bisa melayani masyarakat di perbatasan. “Belum bisa dipastikan. Kita juga mencari staf untuk di puskesmas,” jelasnya.

Puskemas Jasa dan fasilitasnya dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi anggaran 2019 dengan dengan pagu Rp 8 miliar rupiah.

Puskemas jasa nantinya akan menjadi Puskemas rawat inap dilengkapi 15 tempat tidur, dan peralatan medis yang lengkap, serta tenaga medis dan perawat.

Menurut Sinto, ada alasan kuat kenapa Puskemas Jasa dibangun di Desa Jasa yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia tersebut.

“Biar masyarakat tidak berobat ke negeri seberang,” ungkapnya.

Jarak, menjadi pertimbangan utama Sinto membangun Puskemas Jasa. Sebab, jarak dari Desa Jasa ke kota Puskemas di Desa Senaning sangat jauh, belum lagi akses jalan yang belum begitu baik.

“Kemudian ada masyarakat dari Desa Jasa ini berobat ke negeri seberang (Malaysia). Jadi kita mau masyarakat berobat di Negeri Sendiri, itulah alasan kami membangun Puskemas ini,” ungkap Sinto.

Sebenarnya, di Desa Jasa sudah ada fasilitas kesehatan seperti Pustu dan Polindes.

“(tapi) Saya maunya Puskemas ada tenaga dokter, perawat yang standby. sehingga masyarakat tidak perlu berobat ke Malaysia,” ujar Sinto. (AG)

banner 468x60)

politik

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply